Kamis, 26 November 2009

Belajar Bahasa Korea : 한국어 한마디 2

Mengenal kata 수 (su )yang bermakna jumlah berbilang

hanmadiDalam lirik lagu ” I DON’T CARE ” -nya 2NE1, ada beberapa kata, setidaknya ada 3 ( tiga ) kata yang menggunakan kata 수 ( su ) yaitu :

1. 매일 하루에 수십번 꺼져있는 핸드폰 ( ( maeil harue susipbeon kkeojyeoinneun haendeupon ) Setiap hari, kamu matikan handphone hingga perpuluh-puluh kali dalam sehari. Kata 십번 ( sip beon ) yang mempunyai arti ’sepuluh kali’ ketika ditambah kata 수 ( su ) di awal maka artinya berubah menjadi berpuluh-puluh kali. Dalam translate english, mungkin kata ini hanya diterjemahkan dengan kata ‘always’ yaitu selalu, padahal kata selalu sendiri itu dalam bahasa korea adalah ” 항상 ( hangsang ) “, walaupun pengertian makna yang terkandung hampir sama.

2.그저 친구라는 수많은 여자친구 ( geujeo chinguraneun sumanheun yeojachingu ) Banyak sekali cewekmu yang kau sebut teman. Kata 수많은 ( su maneun ) memberikan arti banyak sekali . ada juga kata 수없는 ( suomneun ), artinya tak terbilang banyaknya.

3.속아준 거짓말만해도 수백번 ( sogajun geojitmalmanhaedo subaekbeon ) Kau membodohiku dengan kebohongan yang ratusan kali.

Mungkin juga anda pernah mendengar kata 수천명 ( sucheon myeong ) artinya ribuan orang dan sebagainya. inilah fungsi kata su ( 수 ) sebagai tambahan kata , semoga bisa menambah pengetahuan kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar