Kamis, 26 November 2009

Budaya Korea : Menikmati Samgyetang di hari Sambok

Hari ini , tanggal 14 juli adalah hari yang di Korea dikenal dengan istilah chobok ( 초복 ) yaitu awal dari tiga waktu terpanas atau yang dikenal dengan istilah Sambok ( 삼복 ).

Sambok ( 삼복 ) berasal dari kata sam ( 삼 ) yaitu tiga dan kata bok ( 복 ) yaitu masa-masa terpanas yang terdiri dari masa pertama atau chobok ( 초복 ) , masa terpanas pertengahan atau jungbok ( 중복 ) dan masa terakhir atau malbok ( 말복 ). Dahulu awalnya, untuk menghindari panas yang mengakibatkan tanaman banyak yang mati, maka orang-orang banyak yang makan sup anjing yang juga dikenal sebagai Boshintang.

Namun karena makan daging anjing banyak yang beranggapan menjadikan sial, maka sekarang diganti dengan makan sup ayam yang dikenal dengan samgyetang yang dibuat dari pencampuran ayam, ginseng, buah taecho yang seperti kurma dan beras. Dengan makan sup Ayam jenis ini dikatakan untuk membantu mengembalikan energi.

samgyetang

Adapun bagi yang ingin membuat samgyetang, di bawah ini saya tampilkan resepnya dan bahan yang harus dipersiapkan adalah:

Ayam muda 1 ekor
Ginseng 2 buah
Beras ketan 1 gelas
Berangan 5 biji
Kurma 5 buah
Bawang putih 10 biji
Buah gingko 10 biji
Garam, merica, biji wijen seperlunya

Cara mengolahnya :

Pertama-tama bersihkan ayam yang masih utuh, dan bersihkan isi perut ayam tersebut. Kemudian beras ketan direndam air setelah dibersihkan. Siapkan ginseng ( sayur ) yang tidak dikeringkan. Kupas kulit berangan. Dan buah gingko digoreng sebentar lalu buang kulitnya. Bersihkan buah taecho / kurma dan kupas kulit bawang putih.
Di dalam perut ayam masukkan beras ketan, berangan, kurma, biji gingko dan bawang putih.
Jahit perut ayam supaya isinya tidak keluar pada waktu direbus. Siapkan panci besar dan masukkan ayam dan ginseng dengan air secukupnya. Didihkan hingga warna kuah berubah menjadi putih. Setelah ayam sudah matang, angkat lalu lepaskan benangnya. Tambahkan garam pada kuah sesuai selera Anda . Sajikan selagi panas bersama garam yang dicampur dengan merica dan biji wijen.

Wah…. enak sekali pastinya.. selamat mencoba..!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar